Halo sobat pembaca blogger yang setia, kali
ini Kank Aay akan membahas mengenai Tips dan cara merawat sepeda motor matic.
Pada dasarnya hampir sama dengan merawat motor
bebek biasa. Namun yang membedakan ketika merawat motor matic kita juga harus
memperhatikan pada Van Beltnya. Karena motor matic memang menggunakan Van Belt
bukan rantai seperti motor bebek pada umumnya.
Berikut
ini ada beberapa tips dan cara merawat sepeda motor matic agar sepeda motor
kesayangan anda selalu awet dan kondisi mesin selalu terjaga semoga bermanfaat
bagi pengguna motor metic
- Pada saat servis sebaiknya ganti juga oli mesin, selain untuk membuang oli yang telah kotor juga untuk menjaga tingkat kekentalan oli mesin.
- Selain oli mesin yang juga mesti diperhatikan adalah oli gardan karena gardan ini juga punya fungsi penting untuk menggerakkan laju kendaraan anda.
- Mengendarai sepeda motor matic sebaiknya peningkatan dan penurunan kecepatan dilakukan secara perlahan bukan kontan. Cara ini selain menghemat BBM juga membuat mesin lebih awet.
- Usahakan tangki bahan bakar dalam kondisi selalu terisi bensin minimal setengah dari kapasitas tangki.
- Jika harus mengganti spare part usahakan menggunakan spare part yang asli meskipun harganya sedikit lebih mahal tetapi kualitasnya terjamin.
- Lakukan servis umum rutin 2 bulan sekali, cek karburator, cek busi, buka filter udara dan cek rantai.
- Perhatikan V.Belt (letaknya disamping roda) diganti tiap 25.000 km dan diservis tiap 10.000 km.
- Oli mesin sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin. Ganti oli tiap 2.000 km, jangan menanti minyak pelumas berwarna kehitam-hitaman karena mempengaruhi kelenturan daya tarik mesin.
- Servis karburator tiap 3 bulan sekali.
- Tiap 15.000 km klep wajib dibersihkan agar mesin dalam kondisi bagus dan motor tidak ngadat atau mogok, biasanya kotoran sering mengganjal di klep.
- Sebaiknya servis motor di bengkel resmi yamaha, jika ada kerusakan lebih mudah ditangani.
- Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, hidupkan mesin dengan menarik cuk dan gunakan starter kaki. Biarkan mesin hidup sekitar 5 menit supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Kemudian kembalikan letak cuk dan motor siap digunakan.
- Periksa tekanan angin ban, jangan terlalu keras dan juga jangan kurang angin.
- Gunakan selalu spare part asli. Lebih baik mahal sedikit tetapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli meski murah tetapi tidak tahan lama.
- Pada km 20.000 Selain meganti vent beltnya disarankan juga untuk melakukan pembersihan diruang transmisi tersebut.
- Selalu menggunakan busi original disaat meganti busi yang sudah lama.
- Terakhir selalu chek kondisi aki, karena kebanyakan motor matic meruapakan motor full DC yang dimana peran aki sangat berpengaruh dimotor matic. secara untuk tenaga dan kenyamanan dalam berkendara
Sepeda
motor matic untuk saat ini memang sudah menjadi idola bagi kebanyakan orang.
Apalagi bagi mereka yang tinggal di kota besar. Menggunakan sepeda motor matic
lebih fleksibel karena lalu lintas yang padat dan macet. Namun jika kurang
pandai dalam merawat sepeda motor matic akan sedikit menguras kantong anda
untuk membetulkan kendaraan yang rusak. Semoga beberapa tips dan cara merawat
sepeda motor matic yang ada diatas bisa membantu anda.
Wah baru tahu ternyata sering ngegas spontan bisa mengonsumsi bahan bakar yang berlebihan dan bikin mesin suaranya kasar, terima kasih informasi cara merawat motor matic nya sangat membantu sekali.
BalasHapus