Sabtu, 07 Mei 2011

TEORI KUMAN SEBAGAI PENYEBAB PENYAKIT

Girolamo Fracastoro (1483 – 1553): mengusulkan bahwa penyakit disebabkan oleh mahluk hidup kecil yang tidak terlihat oleh mata manusia.
Robert Koch (1843 – 1910): adalah salah satu peneliti pertama yang membuktikan bahwa penyebab suatu penyakit adalah kuman yang spesifik.
Pada tahun 1876, koch menemukan penyebab penyakit antharx pada hewan sapi yaitu suatu bakteri yang bernama Bacillus anthracis.
Selanjutnya juga koch dan kawan-kawan juga menemukan penyebab penyakit TBC dan KOLERA, Koch juga merintis teknik-teknik yang dewasa ini banyak digunakan di laboratorium mikrobiologi seperti:
  1. Terknik pewarnaan sel mikroorganisme
  2. Teknik isolasi koloni mikroba yang murni (terdiri dari satu jenis mikroba saja)
  3. Teknik pemiliharaan koloni mikroorganisme pada suatu media yang padat.
  4. Media dipadatkan dengan jalan menambahkan agar atau gelati

Richard J. Petri (1852 – 1921): menciptakan cawan petri, yaitu suatu cawan yang digunakan untuk mengisolasi mikroba dari berbagai sampel.

Tahun 1880: Robert koch merumuskan postulat koch. Postulat ini terdiri dari kriteria yang digunakan untuk menguji penyebab dari suatu penyakit.
Isi dari postula kosh
1. Mikroorganisme spesifik penyebab penyakit tsb.selalu di temukan pada setiap kasus penyakit.
2. Mikroorganisme spesifik penyebab penyakit tsb. Dapat diisolasi dari penderita dan ditumbuhkan dalam bentuk biakan murni di laboratorium.
3. Biakan murni tsb. Akan menimbulkan penyakit dengan gejala yang sama ketika diinokulasikan kedalam tubuh hewan percobaan.
4. Biakan yang sama dengan mikroorganisme penyebab awal harus dapat diisolasikan kembali dari tubuh hewan percobaan yang terinfeksi dan tumbuh lagi sebagai biakan murni.
 isi postulat River
1. Virus harus ditemukan dalam cairan tubuh sewaktu sakit atau dari sel yang menunjukan lesion yang spesifik.
2. Virus yang diperoleh dari hewan terinfeksi harus dapat menimbulkan penyakit pada hewan percobaan dalam bentuk antibodi terhadap virus tsb.
3. Virus yang diisolasi dari hewan percobaan harus dapat ditularkan ke hewan peka lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar