Sabtu, 19 April 2014

Hati-Hati Dengan Penipuan Via BB

     Tengah malam HP ku berbunyi, tanda ada SMS masuk dari nomor yang tidak terdaftar di phonebook ku. Isi sms itu :  Tolong invite PIN BB baru aku ya, ini PIN ku 224F0049 dikirim dari nomor 085708948788 pada puku l01.36 WIB. Karena masih ngantuk aku cuekin isi SMS itu.
Pagi-pagi setelah beres semua pekerjaan baru ingat akan SMS semalam. “Pasti ini bentuk penipuan lagi” begitu kataku dalam hati. Karena seperti sms-sms penipuan itu selalu dikirim tengah malam. Tapi berhubung penasaran dan pengen iseng juga akhirnya aku invite no BB yang disebutkan di SMS itu. Pengen tau juga ntar apa yang akan terjadi setelah Pin itu aku invit. Tetapi sampai sekarang kurang tulisan ini diketik, invite itu tidak pernah direspon. Jadi sampai sekarang masih pending.

    Tetapi ada yang aneh setelah aku invite no pin itu, kurang lebih 1 jam setelah invite tiba-tiba aku mendapat pesan peer-to-peer dari PT. TELETAMA ARTHA MANDIRI yang setelah lebih teliti diamati adalah dikirim dari BB dengan PIN 26C57A38. Pesan itu begitu panjangnya sampai saya malas untuk menulis ulang disini saking panjangnya hehehehe. Inti pesannya adalah bahwa saya mendapat hadiah Grand Prize HOnda Jazz dari PT. TELETAMA ARTHA MANDIRI (TAM) dengan nomor RKP/ID 2574633HB. Biar kelihatan lebih meyakinkan di pesan itu juga mencantumkan nama-nama seperti Polda Metro Jaya, Pemkot DKI Jakarta, Depsos RI, Notaris, Depkominfo dan terakhir adalah Dirjen Pajak. Serta disebutkan nomor-nomor surat yang di terbitkan oleh instansi terkait tersebut.

   Hadiah HOnda Jazz itu pajak sebesar 25% ditangung penyelenggara, sedangkan saya hanya diminta membayar Rp. 1.250.000 untuk biaya balik nama STNK/BPKB. Dan untuk tambah meyakinkan biaya-biaya tersebut ditransfer langsung ke nomor rekening Samsat Polda Metro Jaya DKI Jakarta. Dan untuk lebih jelasnya saya bisa menghubungi pihak Humas dari PT.TAM yaitu Drs. Edi Gunawan di nomor kantor : 085717197545 atau nomor fax 021 40866777.
Dan dari begitu panjang pesan yang saya terima ini yang bikin ngakak adalah di akhir pesan ada peringatan dari panitia. Begini bunyi peringatan tersebut :

PERINGATAN : Pemberitahuan yang anda terimah dari PT. TELETAMA ARTHA MANDIRI ini tolong di rahasiakan sebelum hadiah anda terimah. No.id/RKP anda tolong dirahasiakan ke orang lain dikarenakan cuma 1 kali pelaporan dan setelah itu dianggap hangus. Selamat atas keberuntungannya.

   Sebetulnya pengen aku lebih isengin lagi dengan menelpon bapak Edi Gunawan tersebut, tapi berhubung dia memakai nomor indosat sedangkan nomor yang aku pakai adalah nomor XL, akhirnya ya saya urunkan. Saya pikir pikir rugi pulsa kalau nekat mau ngerjain penipu ini hehehehehe.

   Mungkin bagi rekan-rekan kompasiana yang ada waktu dan kelebihan pulsa bisa saja ngisengin para penipu ini. Atau jangan-jangan ini malah benar-benar hadiah kan lumayan bisa mendapat sebuah Honda Jazz baru hehehehe. Tetapi syaratnya ya itu, jangan pernah bilang siapa-siapa kalau sedang mendapat hadiah karena bisa-bisa hadiahnya akan hangus. Atau malah mungkin yang hangus adalah duit tabungan anda di rekening yang dikuras para penipu itu.

oh iya ada yang kelupaan, penipu ini juga mencantumkan alamat website abal-abal di www.ind-blackberry.webs.com dan setelah aku buka beginilah tampilan dari website penipuan itu :
1378974180146545346
tampilan depan website penipuan
13789745671732269143
hadiah abal-abal
13789746241612114100
hadiah abal-abal
1378974657855850904
hadiah abal-abal
Dari nama website nya sendiri sebenarnya sudah menunjukkan itu adalah website blackberry abal-abal. Tetapi memang untuk orang-orang awam, apalagi dengan isinya yang sangat meyakinkan ini bisa mengecoh dan membuat banyak orang tertipu. Walaupun modus penipuan sejenis ini sudah berlangsung lama dan sudah banyak korban berjatuhan, masih saja sering kita dengar korban-korban berikutnya.
Di tulisan saya sudah saya sebutkan PIN, nomor telepon dari penipu ini, sekali lagi apabila ada rekan-rekan kompasianer yang mempunyai jiwa iseng waktu dan pulsa yang lebih silakan untuk mengerjain penipu ini hehehehehe


Sumber : http://regional.kompasiana.com/2013/09/12/mau-mengerjai-penipuan-via-bb-silahkan-591915.html

0 komentar:

Posting Komentar