Minggu, 08 Juni 2014

Dampak Dari Sampah

Ketemu lagi sob bersama KanK Aay, dimana Kank Aay akan sedikit membahas tentang “SAMPAH”, pasti taulah apa itu sampah? sebagian besar orangpun pasti tau apa itu sampah?? Tapi sob, sebagian kecil orang gak tau Dampak dari Sampah tersebut,  sampah ini bukan hanya dibuang di tempat sampah, atau Tempat Penampungan Sementara (TPS)/TPA begitu saja terus selesai. Sebenarnya itu belum selesai sob, masih panjang prosesnya. Nah, kali ini Kank Aay akan sedikit berbagi pengetahuan mengenai ‘DAMPAK DARI SAMPAH’.

Sebelum kita lanjut ke pembahasanya Kank Aay akan sedikit menjelaskan tentang SAMPAH, definisi dari sampah. Pada umumnya banyak yang mendefinisikan sampah itu berbeda-beda akan tetapi semua itu mengarah pada satu tujuan.

Menurut Kank Aay, SAMPAH itu merupakan sisa dari suatu pekerjaan yang tidak dapat digunakan lagi setelah berakhirnya suatu proses, baik industri, manusia, hewan dan tumbuhan.

Nah, kalau menurut sob? Apa itu Sampah??

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi dan sebagainya; kotoran seperti daun, kertas

Kamus Oxford
Material, substansi, atau hasil tambahan yang dieleminasi atau disingkirkan karena tidak lagi bermanfaat atau dibutuhkan setelah proses produksi selesai.
Tchobano, APHA
Sampah merupakan semua jenis limbah / buangan berbentuk padat atau semi padat yang berasal dari kegiatan manusia dan hewan, dan dibuang karena tidak bermanfaat atau tidak diinginkan lagi keberadaannya.
UU No. 18 Tahun 2008
Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat
Ensiklopedia Merriam Webster
Sesuatu yang telah kehilangan nilai guna terjadi karena penggunaan yang berlebihan atau karena penggunaan dengan cara yang tidak diperlukan atau efektif.
Definisi menyeluruh:
  • Material yang rusak, cacat atau berlebih yang terproduksi melalui proses manufaktur: seperti:
1.      material yang tersisihkan selama proses manufaktur tekstil dan biasanya digunakan untuk menyeka kotoran dan minyak ;
2.      Scrap/kepingan;
3.      Hasil tambahan yang tidak diinginkan dari proses manufaktur, laboratorium kimia, atau reaktor nuklir atau yang sering disebut Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (LB3)
  • Benda buangan dari habitat manusia atau hewan.
  • Material yang terbentuk melalui pelapukan mekanis kimiawi tanah dan menuruni permukaan miring atau terbawa oleh aliran air ke laut.
Kite lanjut ya sob pada pembahasan mengenai DAMPAK DARI SAMPAH..
Pengelolaan sampah yang tidak memenuhi persyaratan lingkungan dapat menimbulkan dampak negatif bagi manusia. Sampah merupakan salah satu penyebab tidak seimbangnya lingkungan hidup bila dibuang dengan cara ditumpuk saja maka akan menimbulkan bau dan gas yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Bila dibakar akan menimbulkan pengotoran udara dan kalau sampah dibuang disungai dapat mengakibatkan pendangkalan yang demikian cepat, banjir dan mencemari sumber air permukaan karena pembusukan sampah tersebut.
Taukah anda apa saja dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh sampah yang dibuang sembarangan? Dampak negatif yang ditimbulkan antara lain sebagai berikut :  
1. Terhadap Lingkungan
Sampah yang dibuang sembarangan atau dibuang bukan pada tempatnya sehingga menumpuk akan mencemari lingkungan, baik lingkungan darat, udara, maupun perairan yang membentuk lingkungan yang kurang menyenangkan bagi masyarakat, mengeluarkan bau yang tidak sedap, debu gas-gas beracun yang dapat membahayakan masyarakat yang berada pada lingkungan tersebut.

Pembakaran sampah juga dapat meningkatkan karbonmonoksida (CO), karbondioksida (CO2) nitrogen-monoksida (NO), gas belerang, amoniak dan asap yang di udara. Asap di udara, asap yang ditimbulkan dari bahan plastik ada yang bersifat karsinogen, artinya dapat menimbulkan kanker pada manusia.
Apabilah dibuang ke sungai dan menumpuk akan menimbulkan perubahan warna dan bau pada air sungai, penyebaran bahan kimia dan mikroorganisme yang terbawa air hujan dan meresapnya bahan-bahan berbahaya sehingga mencemari sumur dan sumber air. Bahan-bahan pencemar yang masuk kedalam air tanah dapat muncul ke permukaan tanah melalui air sumur masyarakat sekitar dan mata air. Jika bahan pencemar itu berupa B3 (bahan berbahaya dan beracun) mislnya air raksa (merkuri), chrom, timbale, cadmium, maka akan berbahaya bagi manusia, karena dapat menyebabkan gangguan pada syaraf, cacat pada bayi, kerusakan sel-sel hati,ginjal dan benjolan-benjolan pada tubuh.

2. Sampah Penyebab Penyakit
Tempat-tempat penumpukan sampah merupakan lingkungan yang baik bagi hewan penyebar penyakit penyakit misalnya : lalat, nyamuk, tikus, dan bakteri patogen (penyebab penyakit). Adanya hewan-hewan penyebar penyakit tersebut mudah tersebar dan menajalar ke lingkungan sekitar. Penyakit-penyakit itu misalnya kolera, disentri, tipus, diare, dan malaria.
 3. Sampah Pembawa Bencana
Sampah tidak dikontrol pembuanganya dan bertaburan di jalanan dan lingkungan rumah, apabilah turun hujan akan terbawa ke selokan/sungai, akibatnya sungai tersumbat dan timbul banjir sehingga membawa bencana terhadap masyarakat Selanjutnya banjir dapat menyebarkan penyakit.
4. Dampak Sosial Terhadap masyarakat
  • Kerukunan
Permasalahan sampah dapat berkaitan dengan nilai kerukunan, Orang yang sering membuang sampah di sekitar tempat tinggalnya dan mencemari ligkungan dapat menimbulkan ketidaksenangan tetangganya. Hal yang demikian ini dapat menimbulkan keretakan hubungan antara tetangga. Kondisi yang demikian perlu di ubah agar tidak terjadi persilisian antara tetangga.  
  • Kesanggupan
Setiap warga hendaknya memiliki kesanggupan untuk menempatkan sampah pada tempatnya, memisahkan sampah Organik dan An-organik, dan dapat menjaga kebersihan lingkungannya, dan tidak membuang sampah yang tergolong bahan beracun dan berbahaya (B3) ke sembaranga tempat. Pekerjaan tersebut bukanlah pekerjaan yang sulit dilakukan, juga bukan merupakan pekerjaan yang mustahil untuk dilakukan. Maka yang dipentingkan adalah kesadaran dan kesanggupan.  
 5. Sampah Terhadap Ekonomi
  • Pengelolaan sampah yang kurang baik akan membentuk lingkungan yang kurang menyenangkan bagi masyarakat ; bau yang tidak sedap dan pemandangan yang kurang enak dipandang mata di karena sampah bertebaran dimana-mana sehingga daerah/kota tersebut bisa dikatakan daerah/kota sampah yang dapat mengurangi nilai daerah/ kota tersebut.
  • Memberikan dampak negatif terhadap wisatawan.
  • Dapat mempengaruhi pembangunan daerah atau kota tersebut.
Nah, itulah definisi SAMPAH dan DAMPAH DARI SAMPAH menurut berbagai sumber. Semoga bermanfaat untuk semuanya. Sekian dulu ya sob, nanti kita lanjut lagi. Bye J

0 komentar:

Posting Komentar