Senin, 16 Maret 2015

Khasiat Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan - Pare atau yang memiliki sebutan Peria di beberapa daerah merupakan salah satu jenis sayuran yang populer dengan rasanya yang pahit, dan menjadikannya sebagai ciri khas tersendiri yang juga digemari banyak orang.

Khasiat Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan
Karena rasanya yang pahit, tidak semua orang menyukai sayuran yang satu ini. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa dibalik rasanya yang pahit tersebut, ternyata pare menyimpan sejuta khasiat bagi kesehatan dan kecantikan? Pare memiliki kandungan antioksidan dan beberapa vitamin esensial yang menjadikannya sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh kita.

Kandungan nutrisi dalam pare
·         Kalori : pare menyediakan kalori yang cukup rendah, yaitu satu porsi 100 gram menyediakan hanya 17 kalori. 
·         Vitamin C : merupakan sumber vitamin c yang baik, yaitu 84 mg untuk setiap porsi 100 gram. Hal ini setara dengan 140% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
·         Folat : 100 gram buah pare segar menyediakan 72 ug asam folat, atau setara dengan 18% AKG.
·         Vitamin B : Buah sayur yang memiliki rasa pahit ini juga merupakan sumber vitamin B yang baik, seperti niacin atau vitamin B3, asam pantotenat atau vitamin B5 dan pyridoxine atau vitamin B6.
·         Mineral : Pare banyak mengandung kalium, fosfor, zinc, zat besi, magnesium, mangan, tembaga, serta mengandung kalsium.

Khasiat Pare untuk Kesehatan
1.       Mengatasi gangguan pernafasan, buah pare adalah obat alami yang sangat baik untuk mengobati masalah pernafasan, seperti : flu, batuk, asma, dll.
2.       Tonik liver : mengkonsumsi 1 gelas jus pare setiap hari, sangat efektif untuk menyembuhkan keluhan penyakit liver.
3.       Meningkatkan kekebalan tubuh. Rebus daun pare atau buahnya ke dalam air dan minum setiap hari, akan membantu melawan infeksi. Hal ini juga akan membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai serangan penyakit.
4.       Mengatasi jerawat. Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi pare bisa membantu menghilangkan jerawat? Benar, pare mampu mengatasi jerawat, noda hitam bekas jerawat dan infeksi kulit luar. Pare juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit jamur lainnya. Antioksidan dalam pare juga sangat efektif untuk menegah terjadinya penuaan dini (Antiaging alami). Selain itu, pare juga baik untuk mengobati masalah yang berhubungan dengan gangguan darah kotor seperti bisul, kudis, gatal-gatal, psoriasis. Untuk mendapatkan manfaat dari pare ini, Anda cukup minum jus pare yang dicampurkan dengan lemon saat perut kosong setiap hari selama 6 bulan, atau sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.
5.       Obat diabetes.  Khasiat luar biasa dari buah pare adalah sebagai obat tradisional penyakit diabetes mellitus yang efektif. Hal ini telah lama dilakukan dalam pengobatan China dan India Kuno, dan kini sudah dibuktikan oleh penelitian terbaru bahwa pare mampu menyembuhkan diabetes tipe 2.  Diabetes tipe 2 disebabkan karena ketidakmampuan sel untuk menyerap gula dalam darah akibat produksi insulin yang tidak cukup memadai atau karena resistensi insulin. Untuk kasus kedua, sel-sel tidak dapat menyerap gula karena ketidakefektifan dari insulin yang diproduksi. Penyerapan gula terjadi karena aktivasi AMP(activated protein kinase) dalam sel, dan pare akan mengaktifkan kinase ini sehingga penyerapan gula akan meningkat. Dengan demikian pare berkhasiat membantu mengendalikan diabetes. Jus untuk penderita diabetes : mentimun, apel hijau, pare, seledri, ½ capsicum hijau (paprika). Pare mengandung bahan kimia tertentu yang mirip seperti insulin, yang membantu untuk mengurangi kadar gula darah.
6.       Sembelit : Pare membantu pencernaan karena mengandung jumlah serat yang cukup. Dengan demikian limbah bisa dibuang dari tubuh dengan lancar, sehingga akan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan atau masalah sembelit .
7.       Ginjal dan kandung kemih: pare mampu menjaga kesehatan ginjal dan kandung kemih, dan juga mampu membantu menghancurkan batu ginjal secara alami.
8.       Mengatasi penyakit jantung. Siapa sangka bahwa pare adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena pare mampu membantu mengurangi kadar kolesetrol jahat yang berpotensi mengakibatkan terjadinya penyumbatan dinding arteri. Dengan mengkonsumsi pare, berarti Anda juga membantu meminimaliris resiko terjadinya penyakit jantung, yaitu suatu jenis penyakit yang dikenal sangat mematikan.
9.       Mencegah kanker. Kandungan antioksidan dalam pare mampu mengatasi dan mencegah perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.
10.    Melancarkan sistem metabolisme. Pare memiliki kadnungan vitamin B, seperti niacin atau vitamin B3, asam pantotenat atau B5 dan pyridoxine atau B6, semuanya merupakan vitamin esensial yang berguna untuk metabolisme dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan.
11.    Mencegah masalah kulit. konsumsi pare rutin setiap hari akan membatu menjaga kulit menjadi bersinar dan bebas dari noda. Hal ini juga membantu untuk mencegah jerawat, berkat sifatnya yang membersihkan darah.
12.    Infeksi kulit. Pare berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit seperti infeksi eksim dan psoriasis. Mengkonsumsi pare secara rutin, akan membantu untuk meningkatkan pemulihan untuk kondisi psoriasis dan infeksi jamur lainnya.
13.    Anti Aging. Pare dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang merupakan antioksidan yang kuat. Dengan mencegah radikal bebas, akan membantu mencegah kulit keriput dengan cara memperlambat proses penuaan. Hal ini tentunya juga akan melindungi kulit dari kerusakan akibat papran sinar ultraviolet matahari.
14.    Penyembuhan luka. Pare mampu mengontrol aliran dan pembekuan darah, sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat, serta dapat mencegah terjadinya infeksi atau peradangan lainnya.
15.    Membuat rambut berkilau. Untuk mendapatkan rambut berkilau alami, Anda bisa mencampur secangkir jus pare segar dengan yoghurt dan oleskan pada rambut. Cuci setelah beberapa lama, dan ini akan membuat rambut Anda menjadi lebih indah berkilau.
16.    Mengatasi masalah kerusakan rambut lainnya seperti : rambut pecah-pecah, kulit kepala kering dan gatal, ketombe, rambut rontok, rambut kasar, rambut beruban, rambut berminyak, 
17.    Melancarkan Asi. Masyarakat Indonesia sudah lama mengenal pare sebagai sayuran yang berkhasiat untuk melancarkan ASI bagi ibu menyusui. Selain itu, pare juga mampu meningkatkan produksi ASI, menjadikannya lebih kental, sehingga bayi menjadi cepat kenyang. Cara mendapatkan manfaat pare untuk meningkatkan produksi ASI ini cukup dengan mengkonsumsi jus pare setiap pagi atau malam hari.
18.    Menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet atau menurunkan berat badan, pare bisa dijadikan sebagai makann sehat yang layak dikonsumsi dan tentunya akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan secara alami dalam waktu yang cepat. Hal iniberdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease and Prevention, pare merupakan sayuran yang rendah kalori. Dalam satu cangkir pare hanya mengandung 16 kalori, kandungan airnya 90 % dan serat 2,6 gram.
19.    Mengobati penyakit asma. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts diketahui bahwa konumsi makanan pahit seperti pare dapat merangsang indera pengecap yang berada di saluran pernafasan. Hal ini akan membuat saluran pernafasan lebih lebar sehingga aliran udara menjadi lebih baik.

Tanpa kita sadari, sayuran yang memiliki rasa pahit yang mungkin bukanlah salah satu jenis sayuran yang kita sukai ternyata memiliki banyan manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Semoga sajian informasi mengenai khasiat pare untuk kesehatan dan kecantikan yang kami berikan ini bermanfaat dan menambah pengatahuan Anda,

sumber : http://obattradisionalpenyakitamandel.blogspot.com/


0 komentar:

Posting Komentar