Sabtu, 27 September 2014

Kekecewaan Sang Jobseeker

Kamis sore tanggal 25 September 2014 pukul 05.12 WIT teman saya dapat Informasi lowongan kerja di salah satu Bank di Ternate Propinsi Maluku Utara. Dan pada malam hari tanggal 25 September 2014 pukul 19.38 WIT  saya dan teman saya mendatangi Bank untuk memastikan lowongan kerja  tersebut dan benar kalau Bank tersebut membuka lowongan kerja pada bagian Account (tenaga pemasar) kami liat langsung diBank yang ditempel di kaca pintu masuk, sempat kami potret menggunakan hp untuk mengingat apa saja yang dibutuhkan untuk melamar. Kualifikasi dari lamaran tersebut yaitu :

1.       Warga Negara Indonesia
2.       Pendidikan S1 semua jurusan
3.       Ipk minimal 2.75 (skala 4)
4.       Usia :
a.       Tanpa pengalaman usia maximal 25 tahun untuk fresh graduate dan (belum berulang tahun ke 26 pada tanggal 1 september 2014)
b.      Dengan pengalaman kerja minimal 1 tahun dibidang marketing usia maximal 30 tahun (belum berulang tahun ke 31 pada tanggal 1 september 2014)

5.       Berkelakuan baik (dibuktikan dengan surat kepolisian)
6.       Memiliki integritas dan inisiatif yang tinggi
7.       Memiliki relasi atau jaringan (networking) yang luas
8.       Memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal skill yang baik
9.       Diutamakan berasal dari wilaya setempat
10.   Bisa mengendarai kendaraan bermotor dan memiliki SIM A atau SIM C
11.   Diutamakan belum menikah
12.   Surat lamaran dikirim ke kantor cabang Bank tersebut, paling lambat diterima tanggal 26 september 2014 dengan dilampiri :

v  Foto Copy KTP
v  Foto Copy Ijazah S1 dan Transkip Nilai (legalisir)
v  Daftar riwayat hidup
v  Foto copy surat pengalaman kerja (bagi yang memiliki)
v  Foto copy surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian
v  Foto berwarna 4x6 sejumlah 1 lembar

Teman saya berminat untuk melamar diposisi tersebut. Malam itu juga kami langsung siapkan persyaratan yang diminta bank. Dikarenakan hari jumat tanggal 26 september 2014 pendaftaran tersebut akan ditutup. Surat kelakuan baik, teman saya sudah punya dan masih berlaku, Setelah disiapkan semua kami  hanya kekurangan map dan materai. Kamipun bergerak menuju bank menggunakan kendaraan roda dua, sebelum itu kami mampir dulu ke tempat foto copy untuk membeli map dan materai. Motor yang kami gunakan kami sewa dipangkalan ojek. Setelah kami membeli map dan materai kami langsung menuju bank tersebut. Sesampai disana teman saya langsung masuk ke bank untuk menyerahkan lamarannya. Tak disangka ternyata pelayanan bank tersebut sangat buruk, ketika teman saya menanyakan dimana tempat untuk menyerahkan berkasnya, satpam bank tersebut tidak menjawab, ketika teman saya menanyakan kembali ke salah satu pegawai dia pun tak dihiraukan dan secara tidak sengaja ada satpam yang lewat didepannya lalu teman saya menanyakan kembali tempat menyerahkan berkas lamaran, lalu satpam tersebut memberitahunya. Akhirnya sampailah dia di meja pengumpulan berkas lamaran disitu ada seorang pegawai yang bertugas memeriksa berkas lamaran, ternyata setelah diperiksa berkas lamarannya ada yg kurang, yaitu surat keterangan dokter. Lalu teman saya protes kenapa diminta surat keterangan sehat dari dokter tapi tidak dicantumkan dipapan pengumuman, lalu pegawai tersebut bilang yang tercantum di papan pengumuman itu salah. Otomatis temen saya ngamuk-ngamuk ga jelas, wajarlah kesalahan pihak bank bisa merugikan si pelamar, termasuk teman saya. Akhirnya setelah dia marah-marah sama pegawai tersebut dia pulang, melangkahkan kaki dengan perasaan hampa. Gimana ga hampa, orang semangat nyari kerja eh malah dikecewakan seperti itu.


Saran saya untuk instansi yang sedang membuka lowongan, seharusnya ketika ada perubahan pada klasifikasi atau apapun terkait lowongan tersebut harus selalu di update, kasian juga kan para pelamar yang udah semangat mau daftar malah dikecewakan sama hal sepele seperti itu. Ga boleh males-males buat update informasi dong,,, J

0 komentar:

Posting Komentar