Kamis, 23 Agustus 2012

Penurunan Pendapatan Daerah Dalam Sektor Pertanian

Kabupaten Halmahera Timur merupakan salah satu daerah di Provinsi Maluku Utara yang memiliki potensi usaha di sektor pertambangan yang lumayan besar dan mendatangkan penerimaan bagi masyarakat dan pemerintah daerah. 
Secara umum kegiatan ekonomi Kabupaten Halmahera Timur hingga periode 2007-an masih bertumpu pada sektor pertanian. Dari Sembilan sektor ekonomi yang digarap, sektor pertanian memberikan kontribusi sebesar 51,40 persen terhadap PDRB atas dasar harga berlaku pada tahun 2006. Akan tetapi peranan sektor ini dalam pembentukan PDRB mengalami penurunan pada tahun-tahun selanjutnya karena di pengaruhi oleh sektor pertambangan yang secara garis besar sektor pertambangan dan penggalian yang mempunyai angka positif, yang dapat dikategorikan sebagai sektor unggulan dalam perekonomian daerah. 

jika hal ini terjadi terus menerus pada setiap tahunnya maka sektor dan sub sektor lainnya tidak bisa di andalkan lagi dan jika demikian beberapa tahun hasil tambang Kab. Halmahera Timur dikatakanlah sudah berada diujung tanduk, sektor apalagi yang akan diandalakan oleh masyarakat Halmahera Timur? Hal ini yang harus kita perhatikan bersama dalam membangun Halmahera Timur kedepan khususnya Pemerintah Daerah.

0 komentar:

Posting Komentar